Program Unik di Como: Bayi Baru Lahir Dapat Jersey Como 1907

Athletapro | Pada awal kedatangan mereka ke Como di bagian utara Italia, Djarum Grup merencanakan beberapa inisiatif untuk membantu klub Como 1907, para penggemarnya, dan orang-orang di sekitarnya. Mirwan Suwarso, perwakilan Como 1907 dan Djarum Grup, menyampaikan hal ini kepada rekan media Kompas Gramedia pada Rabu, 15 Mei 2024. 

Dengan meluncurkan program “Como for Como”, yang merupakan bisnis cenderamata yang menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak, Djarum Grup berusaha untuk lebih dekat dengan warga Como. Masyarakat Como menjadi lebih tertarik untuk belajar tentang Indonesia karena manfaat program ini.

“Kita punya program namanya Como for Como di mana kita membantu bisnis souvenir dan merchandise. Kita yang bikinin dan kita supply ke toko-toko. Ada 325 toko di Como yang kita supply barang-barang ini untuk mereka jual.”

“Mereka boleh ambil 25 persen keuntungannya, 25 persen lagi kita kembalikan ke masyarakat untuk membangun program-program komunitas baik prasarana medis atau apa pun itu,” jelas Mirwan.

Sejak Como baru terlahir ke dunia, Djarum Grup juga membuat program tambahan untuk warganya.

“Sekarang ini, setiap bayi yang lahir di Como pasti akan mendapat baju bayi Como dari kami, plus kami kasih tiket satu musim pada saat dia nanti cukup besar untuk datang ke stadion. Kami kasih dua tiket, jadi mungkin buat dia sama ayahnya,” kata Mirwan.

Semua siswa sekolah yang belum menginjak usia 13 tahun juga memiliki hak untuk mendapatkan tiket gratis.

“Lalu kita bikin program bahwa semua anak sekolah di bawah 13 tahun boleh nonton ke pertandingan gratis,” sebut Mirwan.

Mirwan memberi tahu saya bahwa sejak dua tahun lalu, masyarakat Como baru menerima mereka dengan baik.

“Ketika kita datang, mereka memandang kita, aduh, dengan penuh kecurigaan. Baru dua tahun lalu mereka hangat ke kita,” ungkap Mirwan. 

“Karena kita mencoba semua hal layaknya bagaimana orang-orang Como akan bersikap atau bertindak,” sambungnya.

Setelah membuat sejumlah rencana untuk penggemar Como dan penduduk sekitar pada tahun 1907, mereka sekarang mulai menjadikan Indonesia sebagai tempat berlibur musim panas, terutama Candi Borobudur dan Pulau Bali.

“Efek Indonesia-nya baru muncul setelah kami menjadi warga Como dulu,” jelas Mirwan. 

Inisiatif Sosial Djarum Grup di Como

Kedatangan Djarum Grup di Como, Italia, membawa serangkaian inisiatif sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Program “Como for Como” merupakan salah satu langkah nyata mereka untuk mendekatkan diri dengan warga sekitar. 

Program ini tidak hanya berfokus pada penjualan cenderamata dan merchandise, tetapi juga memberikan kontribusi finansial kepada masyarakat. Dengan mengambil 25 persen dari keuntungan dan mengembalikannya ke masyarakat, Djarum Grup membantu membangun program komunitas yang bermanfaat, seperti prasarana medis dan proyek lainnya.

Program Khusus untuk Bayi dan Anak-Anak

Salah satu inisiatif menarik yang diluncurkan oleh Djarum Grup adalah pemberian jersey bayi Como 1907 untuk setiap bayi yang lahir di kota tersebut. Selain itu, mereka juga memberikan tiket musiman yang bisa digunakan ketika anak tersebut cukup besar untuk menonton pertandingan di stadion. 

Tidak hanya itu, semua siswa sekolah yang belum menginjak usia 13 tahun juga berhak mendapatkan tiket gratis untuk menonton pertandingan Como 1907. Langkah ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap klub sepak bola lokal sejak dini dan membangun loyalitas penggemar di masa depan.

Penerimaan Warga Como terhadap Djarum Grup

Pada awal kedatangan Djarum Grup, masyarakat Como menyambut mereka dengan penuh kecurigaan. Namun, berkat pendekatan yang dilakukan dengan cara memahami dan menghormati budaya lokal, penerimaan masyarakat terhadap Djarum Grup mulai berubah menjadi lebih positif dalam dua tahun terakhir. 

Upaya ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang sensitif dan inklusif dalam membangun hubungan dengan komunitas baru. Djarum Grup berhasil menunjukkan bahwa mereka bukan hanya investor asing, tetapi juga bagian dari masyarakat Como yang peduli dengan kesejahteraan lokal.

Pengaruh Budaya Indonesia di Como

Selain berkontribusi langsung pada masyarakat Como, Djarum Grup juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga setempat. Program-program yang mereka luncurkan memicu minat masyarakat Como untuk belajar lebih banyak tentang Indonesia. 

Bahkan, beberapa warga Como mulai mempertimbangkan Indonesia sebagai destinasi liburan musim panas mereka, dengan tempat-tempat seperti Candi Borobudur dan Pulau Bali menjadi tujuan favorit. Efek ini menunjukkan bagaimana inisiatif sosial dan budaya dapat meningkatkan hubungan antara dua negara dan memperkenalkan keindahan Indonesia kepada dunia internasional.

Kesimpulan

Inisiatif Djarum Grup di Como menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan dapat memberikan dampak positif yang signifikan di luar aspek bisnis semata. Program-program yang mereka jalankan tidak hanya mendukung perkembangan klub sepak bola Como 1907, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. 

Dengan pendekatan yang inklusif dan berbasis komunitas, Djarum Grup berhasil membangun hubungan yang lebih baik dengan warga Como, sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia kepada mereka. Hal ini menjadi contoh bagaimana integrasi budaya dan inisiatif sosial dapat berjalan beriringan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Baca Juga

Mbappe Raih Gelar Pemain Terbaik Ligue 1 2023/2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top