Piala Asia 2023: AFC Mengutuk Jurnalis yang Menyerang Pelatih Timnas Irak

Piala Asia 2023: AFC Mengutuk Jurnalis yang Menyerang Pelatih Timnas Irak

Athletapro – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengutuk keras tindakan jurnalis yang melakukan serangan verbal terhadap pelatih timnas Irak setelah pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023. Tindakan tidak pantas ini dilakukan oleh beberapa jurnalis lokal setelah laga Irak vs Yordania pada babak 16 besar Piala Asia 2023, Senin (29/1/2024). Pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk Yordania, yang mencetak dua gol pada masa injury time babak kedua.

Baca Juga :
One Pride MMA Akan Diselenggarakan Mulai Bulan Februari.

Sebelumnya, terjadi insiden kontroversial ketika wasit Alireza Faghani dari Australia mengusir penyerang Irak, Aymen Hussein. Aymen Hussein mendapat kartu kuning kedua yang berujung pada kartu merah setelah mencetak gol ke gawang Yordania. Insiden ini tidak hanya terjadi di lapangan, melainkan juga dalam sesi konferensi pers setelah pertandingan.

Saat pelatih timnas Irak, Jesus Casas, bersiap untuk berbicara, sejumlah jurnalis Irak menunjuk dan meneriaki sang pelatih. Para jurnalis lokal itu juga berkerumun di depan meja, sehingga harus diatasi oleh pihak keamanan. Kejadian ini mengecewakan Jesus Casas, yang menyatakan bahwa para jurnalis hanya fokus pada hal negatif dan tidak bangga dengan pencapaian tim. Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) mengeluarkan pernyataan resmi mengecam perilaku para jurnalis tersebut sebagai “tindakan yang terang-terangan dan menjijikkan terhadap pelatih.”

AFC turut mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden di konferensi pers setelah laga Irak vs Yordania. “AFC mengutuk keras segala bentuk perilaku yang tidak tertib dan agresif serta tidak akan mentolerir tindakan tersebut,” demikian pernyataan resmi AFC. “AFC sangat kecewa dengan tindakan yang terjadi selama konferensi pers pasca-pertandingan antara Irak dan Yordania dan telah mengambil keputusan tegas untuk melarang individu yang bertanggung jawab untuk meliput tidak hanya Piala Asia Qatar 2023, tetapi juga turnamen AFC di masa depan.”

“Meskipun AFC tidak memberikan komentar tentang kinerja wasit secara individu, kami mengutuk keras segala bentuk ancaman, pelecehan, atau pengungkapan informasi pribadi yang ditujukan kepada wasit, pemain, ofisial, dan seluruh pemangku kepentingan.” “Perilaku semacam itu bertentangan dengan semangat fair play dan rasa hormat yang kami promosikan dalam komunitas sepak bola Asia,” tambah AFC.Bagi Yordania, kemenangan atas Irak membawa mereka ke perempat final Piala Asia 2023. Di perempat final, Yordania akan menghadapi tim kuda hitam Tajikistan yang berhasil melangkah ke babak 8 besar pada debutnya di Piala Asia.

9DBIT - 9DNEWS - ATHLETAPRO - AKUN VIP - VIP MEMBER - AKUN MEMBER VIP - 9DBIT VIP - MEMBER VIP 9DBIT - 9DNEWS - AKUN MEMBER PRO - GAME- situs bola

Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top