Menangani Harapan Orangtua, Kunci Keberhasilan Pesepak Bola Remaja

Menangani Harapan Orangtua, Kunci Keberhasilan Pesepak Bola Remaja

Athletapro – Orangtua sering kali memiliki harapan tinggi terhadap anak-anak mereka, dan hal ini juga berlaku bagi para pesepak bola muda. Jika tidak dikelola dengan baik, tekanan yang datang dari harapan orangtua dapat berdampak negatif. Penting bagi orangtua untuk memahami potensi anak-anak mereka dan memberikan dukungan yang sesuai agar perkembangan mereka optimal.

Baca Juga :
Jadwal Thailand Masters 2024: Melibatkan Fikri/Bagas, 6 Wakil Indonesia Turun Bertanding

Sebuah kisah mengenai pesepak bola dan harapan orangtua dialami oleh mantan kapten timnas Inggris, David Beckham. Saat remaja, Beckham merasakan beban harapan dari ayahnya, Ted Beckham, yang bercita-cita agar anaknya bergabung dengan Manchester United (MU). Obsesi Ted terhadap Beckham sangat besar, dan dia melatih putranya dengan disiplin tinggi. Pada suatu titik, Beckham merasa bahwa obsesi ayahnya terlalu besar dan mengganggu perkembangannya. Untungnya, Ted menyadari kecemasan anaknya dan berubah menjadi sosok ayah yang lebih mendukung. Ted menjadi tempat bagi Beckham untuk berbicara dan berbagi masalah. Masalah harapan yang berlebihan ini dibahas dalam acara “Meet the Football Expert” yang diadakan oleh Liga Kompas Kacang Garuda U-14 bersama Ikatan Psikologi Olahraga (IPO) dan didukung oleh AIA di Dewantara Sport Center, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (28/1/2024).

Sekretaris Jenderal IPO

Taru Guritna, menjelaskan tentang pentingnya manajemen harapan bagi orangtua. Menurutnya, orangtua perlu memastikan harapan mereka dapat diterima oleh anak-anak. “Hal utama adalah jangan memaksa harapan orangtua. Orangtua boleh berharap, namun jangan sampai itu menjadi beban bagi anak,” ujar Taru seperti dikutip dari Kompas.id, Senin (29/1/2023). Taru mengkhawatirkan bahwa jika hal tersebut terjadi, pesepak bola muda dapat merasa terpaksa bermain sepak bola karena tekanan dari orangtua. Seperti yang dialami oleh Beckham, yang dilatih dengan keras karena ayahnya menginginkannya bergabung dengan MU. “Pesepak bola remaja harus diberikan ruang untuk berekspresi,” tambah Taru. Menurut Taru, anak-anak sebaiknya berpartisipasi dalam kegiatan atau bermain sepak bola berdasarkan hasrat mereka sendiri, bukan karena ekspektasi orangtua. “Jika tidak dilakukan dengan sepenuh hati, anak akan sulit mencapai prestasi tinggi karena dia tidak bergerak dengan motivasi dan sikap yang positif,” kata Taru. Manajemen harapan orangtua sangat penting bagi pesepak bola remaja karena usia remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa. Ketika masih anak-anak, mereka mungkin bisa menuruti keinginan orangtua, tetapi situasinya akan berbeda saat mereka berusia antara 13 hingga 21 tahun. Pada rentang usia tersebut, remaja mulai memiliki pendapat dan pemikiran sendiri, serta emosi yang cenderung meledak-ledak. Dalam situasi ini, memaksakan kehendak yang tidak sejalan dengan nurani anak dapat menjadi bumerang. “Pastikan mereka bermain dengan sukacita dan keinginan sendiri, bukan karena terpaksa,” kata Taru.

Kesimpulan

Pendekatan orangtua, sebagai pihak terdekat dengan anak-anak, memiliki dampak signifikan pada kematangan pesepak bola remaja. Shannon Moloney, Senior Global Development Football Coach for Tottenham Hotspur Football Club, menyampaikan peran penting orangtua dalam memengaruhi perkembangan pesepak bola remaja. Moloney menekankan perlunya meletakkan fondasi yang kuat, termasuk pemahaman tentang asupan makanan yang benar. Disiplin dalam menjaga kondisi fisik selama libur kompetisi juga menjadi faktor krusial. Mantan pemain putri Tottenham Hotspur itu juga menyoroti pentingnya aspek di luar lapangan, seperti pemenuhan nutrisi dan waktu istirahat. Orangtua harus memberikan dukungan penuh dalam hal ini. “Bakat dan keterampilan teknis seorang pesepak bola tidak akan berkembang maksimal tanpa dukungan asupan nutrisi dan waktu istirahat yang baik. Dukungan ini harus datang dari orangtua,” ucapnya.

9DBIT - 9DNEWS - ATHLETAPRO - AKUN VIP - VIP MEMBER - AKUN MEMBER VIP - 9DBIT VIP - MEMBER VIP 9DBIT - 9DNEWS - AKUN MEMBER PRO - GAME- situs bola

Share

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top