Mampukah Persib Atasi Kelelahan dan VAR Lawan Bali United?

Mampukah Persib Atasi Kelelahan dan VAR Lawan Bali United?

athletapro | Mampukah Persib Atasi Kelelahan dan VAR Lawan Bali United, Pada babak Championship Series Liga 1 2023-2024, video asisten pengadil (VAR) akan diterapkan. VAR biasanya menghentikan pertandingan untuk memberi wasit waktu untuk melihat apa yang terjadi di lapangan. Biasanya, waktu yang terbuang tersebut akan ditambahkan ke waktu luka atau waktu tambahan. Persib Bandung juga mengamati hal ini. 

 

Miro Petric, asisten pelatih Bojan Hodak yang bertanggung jawab atas aspek fisik, akan mempersiapkan fisik pemain agar mereka dapat bertahan selama 100 menit. Persib juga mempersiapkan diri untuk situasi di mana pertandingan imbang di babak normal dan harus dilanjutkan ke masa ekstra time (120 menit). 

 

“Ya tentu kami bersiap untuk itu, untuk bermain 120 menit dan sekarang karena sudah diberlakukan VAR, mungkin pertandingan di waktu normal bisa mencapai 100 menit dan tentunya akan lebih lama. Jadi, tentu kami harus bersiap untuk ini,” kata Petric. 

 

Persib menggunakan jeda dua pekan tambahan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan semifinal pertama Championship Series melawan Bali United 14 April lalu. Pertandingan semifinal lainnya adalah Madura United melawan Borneo FC Samarinda keesokan harinya. 

 

Untuk persiapan semifinal, Miro Petric menetapkan waktu yang lama. Dia hanya perlu memantau kondisi pemain karena persiapan Persib telah dimulai sejak Januari kemarin dan terus berjalan hingga saat ini.

 

“Untuk semifinal ini, kami sudah melakukan persiapan sejak Januari dan Februari pada masa jeda paruh musim dan sekarang kami hanya merawat level kebugarannya,” kata Petric.  

 

“Semua melakukannya dengan baik, sejauh ini tidak ada pemain yang cedera, hanya ada beberapa yang sakit dan demam, tetapi sisanya melakukan persiapan dengan sangat baik,” kabarnya. 

 

Petrick berharap kondisi fisik pemain cukup baik untuk membantu Persib mencapai final untuk memenangkan Liga 1 2023-2024. 

 

“Semuanya melakukan persiapan dengan sebaik mungkin dan melakukan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi Bali dan saya harap kami bisa lolos ke final,” ujar Petric. 

 

Penyesuaian Terhadap Peraturan Baru

Dengan diberlakukannya penggunaan VAR dalam pertandingan Liga 1 2023-2024, Persib Bandung harus melakukan penyesuaian besar-besaran dalam persiapan mereka. Selain fokus pada aspek fisik pemain untuk bertahan selama pertandingan yang mungkin berlangsung lebih lama, mereka juga perlu memperhitungkan strategi dan taktik yang sesuai dengan kemungkinan adanya interupsi akibat penggunaan VAR. Hal ini menuntut tim pelatih untuk lebih teliti dalam merencanakan strategi permainan dan melakukan simulasi situasi yang mungkin terjadi selama pertandingan.

Manajemen Ketahanan Fisik Pemain

Perhatian khusus terhadap aspek fisik pemain menjadi kunci utama dalam persiapan Persib Bandung menghadapi pertandingan yang mungkin berlangsung lebih lama dari biasanya. Miro Petric, sebagai asisten pelatih yang bertanggung jawab atas aspek fisik, harus memastikan bahwa pemain dalam kondisi fisik yang prima untuk menghadapi tantangan ini. Ini mencakup pemantauan ketat terhadap latihan, pemulihan, dan diet pemain guna memastikan bahwa mereka memiliki daya tahan yang cukup untuk menjalani pertandingan yang panjang dan menuntut.

Keunggulan Persiapan Jangka Panjang

Persiapan Persib Bandung tidak hanya terfokus pada pertandingan itu sendiri, tetapi juga telah dimulai sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan memulai persiapan sejak Januari dan Februari, tim memiliki keunggulan dalam membangun kebugaran fisik dan konsistensi dalam performa mereka. Ini menunjukkan pentingnya pendekatan jangka panjang dalam merencanakan dan melaksanakan strategi persiapan tim untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kesimpulan: Kesiapan Menyeluruh untuk Tantangan Baru

Persib Bandung telah menunjukkan kesiapan menyeluruh mereka dalam menghadapi tantangan baru yang ditimbulkan oleh penggunaan VAR dan potensi pertandingan yang lebih panjang. Dengan fokus pada aspek fisik, penyesuaian strategi, dan pendekatan persiapan jangka panjang, mereka memastikan bahwa tim siap menghadapi semua kemungkinan yang mungkin terjadi di lapangan. Ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana persiapan menyeluruh dapat meningkatkan kesempatan kesuksesan dalam kompetisi sepak bola yang ketat.

 

Baca Juga:

Ginting Menang Dramatis di Piala Thomas 2024!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top